Thursday, July 22, 2010

PEMASARAN SOSIAL KEBONDALEM NOTO DESO



Proses setelah perencanaan adalah pemasaran perencanaan atau gagasan adalah hal baru di dunia pemasaran itu sendiri. Pengertian dari pemasaran menurut Philip Kottler adalah upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui kegiatan tukar menukar atau jual beli. Pemasaran mempunyai prinsip 4P yaitu product (produk), pricing (harga), place (tempat), promotion (promosi). Akan tetapi untuk pemasaran gagasan ini, atau biasa kita sebut dengan pemasaran sosial. Pemasaran sosial didefiniskan sebagai sebuah proses untuk mengubah perilaku manusia pada skala luas dengan menggunakan prinsip-prinsip marketing yang bertujuan untuk keuntungan sosial daripada keutungan komersial (W Smith, Academy for Educational Development). Rumusan 4P pemasaran komersil ditambahkan dengan 2P yaitu partnership (kemitraan) dan policy (kebijakan).

Perbedaan mendasar antara pemasaran komersial dan pemasaran sosial adalah pemasaran sosial menargetkan keinginan masyarakat untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas hidup mereka. Oleh karena itu partnership dan policy ditambahkan pada rumusan sosial marketing karena kemitraan menjadi tujuan organisasi dan tidak ada artinya upaya mengubah perilaku jikalau tidak dilakukan upaya untuk mendorong tersusunnya kebijakan.

Konsep penataan lingkungan berbasiskan komunitas adalah hal yang relative masih awal di Indonesia. Oleh karena itu Project PLPBK / Neighborhood Development (ND) adalah Pilot di 18 lokasi se-Indonesia. Gagasan tentang PLPBK ini perlu dipasarkan agar membumi dan meluas.. Menilik dari konsep pemasaran sosial yang menitikberatkan pada memasarkan gagasan untuk perubahan perilaku menuju kualitas hidup yang lebih baik maka pemasaran sosial ini menjadi ruh dari pemasaran PLPBK/ND. Pemasaran sosial yang digagas dalam pemasaran project PLPBK/ND ini mempunyai dua titik tekan yaitu pemasaran internal dan eksternal. Pemasaran internal berarti memasarkan gagasan dikalangan masyarakat Kebondalem. Membuat masyarakat Kebondalem sebagai brand ambassador bagi produk perencanaan yang telah dihasilkan oleh mereka sendiri. Pemasaran ekternal adalah memasarkan gagasan yang sudah tersusun sebagai rencana penataan lingkungan permukiman (RPLP) ini ke masyarakat luas, instansi pemerintah, perusahaan Negara (BUMN), perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun lembaga pendidikan (perguruan tinggi).

No comments: