Wednesday, July 21, 2010

SENTRA PENGHASIL MANGGA

Pemanasan global dapat meningkatkan factor resiko penyakit yang dapat mengancam kesehatan manusia. Pemicu utama pemanasan global adalah meningkatnya emisi gas karbon, akibat dari penggunaan energy fosil (BBM, Batubara, dan sejenisnya). Daerah yang dapat menjadi penetral panas adalah daerah katulistiwa atau daerah yang masih banyak memiliki hutan tropis diantaranya : Indonesia, Brazil, dan Afrika Tengah.
Pembangunan berkelanjutan tidak hanya membangunan untuk kepentingan saat ini saja tapi juga memperhatikan keberlanjutan bagi anak cucu manusia. Seiring dengan itu pula warga Kebondalem Kendal mengharapkan pembangunan yang bermanfaat dan berkelanjutan. Sentra Mangga menjadi salah satu perencanaan pembangunan di kawasan Kali Reyeng. Selain sebagai penghijauan untuk mengurangi efek gas rumah kaca juga manjadi salah satu penghasilan untuk meningkatkan taraf perekonomian warga.
Mangga merupakan tanaman buah tahunan berupa pohon yang berasal dari negara India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia. Buah mangga yang matang merupakan buah meja yang banyak digemari. Mangga yang muda dapat diawetkan dengan kadar gula tinggi menjadi manisan baik dalam bentuk basah atau kering.
Daerah Kelurahan Kebondalem Kabupaten Kendal adalah wilayah dataran rendah dengan musim kering. Lokasi yang dipakai adalah tanah dengan pengairan yang cukup disepandan Kali. Kondisi ini sangat cocok untuk tanaman mangga yang hidup di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Masa kering diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Jika ditanam di daerah basah, tanaman mengalami banyak serangan hama dan penyakit serta gugur bunga/buah jika bunga muncul pada saat hujan.
Dengan eksisting lokasi seluas 1300x6 meter persegi bibit yang dibutuhkan adalah sebanyak 245 bibit tanaman dengan jarak tanam 8 meter(zigzag).
Kirimkan donasi anda berupa bibit pohon, pupuk, atau pendanaan untuk mensukseskan program penanaman 1 milyar pohon dan program pengembangan buah-buahan Indonesia

1 comment:

Anonymous said...

yang saya tahu, mangga merupakan tanaman unggulan nasional, jadi ada kemungkinan besar untuk diekspor, so sentra mangga, usulan yg bagus tuh