Thursday, July 22, 2010

Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan

Kemiskinan merupakan masalah yang sangat kompleks, tidak hanya sekedar persoalan finansial semata. Menyikapi hal tersebut Pemerintah berupaya untuk mengatasi masalah kemiskinan ini dengan berbagai macam program Penanggulangan Kemiskinan salah satunya P2KP (Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan) yang sekarang dikenal dengan nama PNPM Mandiri Perkotaan. Kelurahan Kebondalem Kecamatan Kota Kendal merupakan salah satu lokasi sasaran P2KP sejak tahun 2003 dengan dibentuknya lembaga yang mengelola penanggulangan kemiskinan di kelurahan tersebut yang dnamakan BKM.
BKM SEJAHTERA MANDIRI Kelurahan Kebondalem berdiri pada tahun 2003 beranggotakan 11 Orang membawahi UPS, UPE, UPL dan 1 Sekretaris BKM dengan Akta Notaris Werdi Lestari, S.H. Nomor 25 tanggal 15 Agustus 2003. BKM Periode 2006-2009 tercatat dengan Akta Notaris Makin Amin,S.H. Nomor 18 tanggal 9 april 2007.
Awal mula berdirinya BKM dengan support dana (BLM) dari Pemerintah yang hanya sekitar 100 juta rupiah membuat masyarakat sepakat untuk mengoptimalkan pengalokasian dana guna menyelesaikan masalah yang ada secara berkelanjutan . dimana BLM tersebut diposisikan benar-benar sebagai dana stimulan, merangsang kepedulian masyarakat terhadap permasalahan yang ada terkait penanggulangan kemiskinan.
Pada tahun 2008 BKM Sejahtera Mandiri mendapatkan kepercayaan dari pemeriintah pusat menjadi lokasi PILOT PROJECT program PL PBK/Neighbourhood Development (ND) dengan BLM 1 Milyar untuk Pengembangan Pemukiman Kelurahan. Program tersebut diberikan bagi BKM-BKM yang telah BERDAYA menuju MANDIRI.
Proses Pengembangan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PL PBK/ND) dimaksudkan untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang hidup secara harmonis dalam lingkungan yang aman, tertib, sehat, selaras dan lestari dengan menjunjung nilai-nilai budaya local. Pelibatan seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali anak-anak diharapkan mampu mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat menjadi lebih tertata dan maju.
Pada tahap perencanaan ini BKM dengan TIPP-nya bersama masyarakat dengan dukungan pemerintah, stakeholder dan kelompok peduli menyusun Rencana Pengembangan Pemukiman yang menjadi Impian dan kebutuhan masyarakat kebondalem melalui serangkaian kegiatan Perencanaan. Hasil akhir PL PBK/ND sampai pada tahap Perencanaan Pengembangan Pemukiman menghasilkan 3 Rencana Besar Pengembangan Pemukiman sebagai berikut:
1. Kawasan pusat aktivitas
2. Pengembangan ruang terbuka (plaza) di kawasan stadion
3. Penataan daerah saluran irigasi Kali Reyeng
4. Pengembangan rumah susun sewa (RUSUNAWA)
5. Pengembangan Jl. Tentara Pelajar dan lingkungan di sekitarnya
6. Jl. Tentara Pelajar sebagai pintu gerbang ke Kawasan Kebondalem
7. Pengembangan kampung wisata

Pengembangan wilayah direncanakan untuk menuju ke Kebondalem yang BERIDENTITAS ( Berkarya, Indah, Dedikasi, Nyaman, Tertib, Tertata, Aman dan Sehat ).

1 comment:

nurul dewi said...

setuju...,,,program yang sangat mulia, mengurangi kemiskinan warga desa kebondalem..
semoga semua masyarakat desa bisa ikut berpartisipasi membantu kelancaran program tersebut demi kemajuan mereka sendiri.